Sabtu, 11 Oktober 2014

ISD SEBAGAI MKDU



a.       Pengertian ISD dan IPS

Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah sosial, khusussnya masalah yang sering ditonjolkan oleh masyarakat Indonesia memakai kajian-kajian teori (Fakta, konsep, teori), yang berasal dari bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti Sosiologi, Ekonomi, Politik, dan lain-lain.
                        Maka dari itu , semua umat manusia sangat diharapkan untuk lebih peka dan lebih sadar terhadap lingkungan sosialnya, dapat menambah pengetahuan – pengetahuan sosial dasar untuk melengkapi gejala-gejala sosial dasar daya tanggap, persepsi, dan penalaran mahasiswa terhadap lingkungannya untuk lebih dapat ditingkatan lagi.
                        Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mmepelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sekitarnya. Dan suatu bahan kajian yang terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi seleksi dan modifikasi yang di organisasikan dari konsep-konsep keterampilan sejarah, geografi, sosiologi, antropologi, dan ekonomi. Nursid Sumaatmadja (supriatna, 2008:1) mengemukakan bahwa “secara dasar pengajaran IPS berkenaan dengan kehifupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya”. Jadi IPS berkenaan dengan kehidupan manusia yang membutuhkan segala kebutuhannya yang didapat dari sumber pemanfaatanya yang ada dipermukaan bumi, mengatur kesejahteraan dan lain sebgainya yang mengatur serta mempertahankan kehidupan masyarakat manusia.

b.      Tujuan ISD dan IPS

Tujuan ISD :
¨      Untuk memahami kenyataan sosial yang ada di dalam masyarakat
¨      Untuk lebih peka terhadap masalah – masalah sosial dan ikut serta dalam menanggulanginya
¨      Untuk dapat berkomunikasi dalam rangka penanggulangan sosial yang timbul di dalam masyarakat

Tujuan IPS :
¨      Untuk mengenal konsep kehidupan masyarakat dan lingkungannya
¨      Unuk dapat berfikir logis dan rasa ingin tahu dalam memecahkan masalah yang ada di kehidupan masyarakat
¨      Untuk dapat bekerja sama dan berkomunikasi dengan masyarakat yang majemuk dan memiliki komitmen terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusian

c.       3 Kelompok Ilmu Pengetahuan

Pada dasarnya pengelompokan ilmu pengetahuan itu terbagi atas 3 kelompok :
§  Ilmu pengetahua alam adalah benda–benda alam dengan hukum yang pasti, dan umum berlaku kapan pun dimana pun
§  Ilmu pengetahuan sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mmepelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sekitarnya.
§  Ilmu pengetauan budaya adalah penegtahuan dasar yang umumnya mengenai konsep-konsep untuk mengkaji masalah mengenai manusia dan kebudayaan.

d.      Perbedaan ISD dan IPS

§  Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruan Tinggi sedangkan Ilmu pengetahuan sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan
§  Ilmu sosial dasar merupakan satu mata kuliah tuggal dan Ilmu pengetahuan sosial merupakan kelompok dari sejumlah pelajaran
§  Ilmu sosial dasar lebih di arahkan kepada sikap dan kepribadian sedangkan Ilmu pengeahuan sosial lebih diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketermpillan intelektual.

e.       Persamaan ISD dan IPS

§  Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan
§  Keduanya memiliki peran yang sama untuk menjadikan pelajar lebih peka dan sadar terhadap lingkungannya
§  Keduanya mempunyai sikap berkomunikasi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

f.       Ruang Lingkup ISD

Pokok-pokok bahasan yang dikaji atau dikembangkan menjadi ruang lingkup ISD adalah sebagai berikut :
1.      Berbagai aspek kemanusiaan dan sosial yang didekati dengan pengetahuan sosial dan juga pendekatan dengan keahlian berkomunikasi dan bersosialisai antar manusia
2.      Perwujudan dalam saling menjalin kemanusiaan dalam lingkungan masyarakat pada konsep dasar atau elemnter misalnya “Kesatuan Kekeluargaan”. Dalam keluarga itu orangtua mencurahkan perhatiannya untuk mendidik kepada anak-anaknya cara berperilaku baik dan meberikan masukan seperti memilih pergaulan yang baik tidak memberikan contoh pergaulan yang tidak baik terhadap anak-anaknya, maka dari itu orangtua juga berperan dalam keluarga :
·         Selalu dekat dengan anak-anaknya
·         Memberikan pengawasan dan pengendalian yang wajar, supaya anak tidak merasa tertekan
·         Menasihati kepada anaknya jika anaknya melakukan kesalahan jangan selalu anak itu diperlakukan yang tidak baik seperti dimarahi, dipukul, dan lain-lain
·         Mendorong anak-anaknya untuk lebih berfikir dewasa dan mendorong anak supaya menjadikan manuisa yang sukses di akhir kelak nanti, dan
·         Memberikan arahan kepada anaknya untuk tidak memikirkan hanya kehidupan di dunia semata melainkan arahan agama agar anak tidak lupa akan perintah Tuhannya

Referensi; HTTP; // Wordpress.com (diagses 20 april 2009) tyaskartika.blogspot.com/2010/11/pengertian-ilmu-sosial-dasar-isd_14.html




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar