a.
Pengertian
ISD dan IPS
Ilmu
Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah sosial, khusussnya
masalah yang sering ditonjolkan oleh masyarakat Indonesia memakai kajian-kajian
teori (Fakta, konsep, teori), yang berasal dari bidang pengetahuan keahlian
dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti Sosiologi, Ekonomi, Politik, dan lain-lain.
Maka dari itu , semua
umat manusia sangat diharapkan untuk lebih peka dan lebih sadar terhadap
lingkungan sosialnya, dapat menambah pengetahuan – pengetahuan sosial dasar
untuk melengkapi gejala-gejala sosial dasar daya tanggap, persepsi, dan penalaran
mahasiswa terhadap lingkungannya untuk lebih dapat ditingkatan lagi.
Ilmu Pengetahuan Sosial
adalah sekelompok disiplin akademis yang mmepelajari aspek-aspek yang
berhubungan dengan manusia dan lingkungan sekitarnya. Dan suatu bahan kajian
yang terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi seleksi dan modifikasi
yang di organisasikan dari konsep-konsep keterampilan sejarah, geografi, sosiologi,
antropologi, dan ekonomi. Nursid Sumaatmadja (supriatna, 2008:1) mengemukakan
bahwa “secara dasar pengajaran IPS berkenaan dengan kehifupan manusia yang
melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya”. Jadi IPS berkenaan dengan
kehidupan manusia yang membutuhkan segala kebutuhannya yang didapat dari sumber
pemanfaatanya yang ada dipermukaan bumi, mengatur kesejahteraan dan lain
sebgainya yang mengatur serta mempertahankan kehidupan masyarakat manusia.
b. Tujuan
ISD dan IPS
Tujuan ISD :
¨ Untuk
memahami kenyataan sosial yang ada di dalam masyarakat
¨ Untuk
lebih peka terhadap masalah – masalah sosial dan ikut serta dalam
menanggulanginya
¨ Untuk
dapat berkomunikasi dalam rangka penanggulangan sosial yang timbul di dalam
masyarakat
Tujuan
IPS :
¨ Untuk
mengenal konsep kehidupan masyarakat dan lingkungannya
¨ Unuk
dapat berfikir logis dan rasa ingin tahu dalam memecahkan masalah yang ada di
kehidupan masyarakat
¨ Untuk
dapat bekerja sama dan berkomunikasi dengan masyarakat yang majemuk dan
memiliki komitmen terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusian
c. 3
Kelompok Ilmu Pengetahuan
Pada dasarnya pengelompokan ilmu pengetahuan
itu terbagi atas 3 kelompok :
§ Ilmu
pengetahua alam adalah benda–benda alam dengan hukum yang pasti, dan umum
berlaku kapan pun dimana pun
§ Ilmu
pengetahuan sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mmepelajari
aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sekitarnya.
§ Ilmu
pengetauan budaya adalah penegtahuan dasar yang umumnya mengenai konsep-konsep
untuk mengkaji masalah mengenai manusia dan kebudayaan.
d. Perbedaan
ISD dan IPS
§ Ilmu
sosial dasar diberikan di Perguruan Tinggi sedangkan Ilmu pengetahuan sosial
diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan
§ Ilmu
sosial dasar merupakan satu mata kuliah tuggal dan Ilmu pengetahuan sosial
merupakan kelompok dari sejumlah pelajaran
§ Ilmu
sosial dasar lebih di arahkan kepada sikap dan kepribadian sedangkan Ilmu
pengeahuan sosial lebih diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan
ketermpillan intelektual.
e. Persamaan
ISD dan IPS
§ Kedua-duanya
merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan
§ Keduanya
memiliki peran yang sama untuk menjadikan pelajar lebih peka dan sadar terhadap
lingkungannya
§ Keduanya
mempunyai sikap berkomunikasi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
f. Ruang
Lingkup ISD
Pokok-pokok bahasan yang dikaji atau
dikembangkan menjadi ruang lingkup ISD adalah sebagai berikut :
1. Berbagai
aspek kemanusiaan dan sosial yang didekati dengan pengetahuan sosial dan juga
pendekatan dengan keahlian berkomunikasi dan bersosialisai antar manusia
2. Perwujudan
dalam saling menjalin kemanusiaan dalam lingkungan masyarakat pada konsep dasar
atau elemnter misalnya “Kesatuan Kekeluargaan”. Dalam keluarga itu orangtua
mencurahkan perhatiannya untuk mendidik kepada anak-anaknya cara berperilaku
baik dan meberikan masukan seperti memilih pergaulan yang baik tidak memberikan
contoh pergaulan yang tidak baik terhadap anak-anaknya, maka dari itu orangtua
juga berperan dalam keluarga :
·
Selalu dekat dengan anak-anaknya
·
Memberikan pengawasan dan pengendalian
yang wajar, supaya anak tidak merasa tertekan
·
Menasihati kepada anaknya jika anaknya
melakukan kesalahan jangan selalu anak itu diperlakukan yang tidak baik seperti
dimarahi, dipukul, dan lain-lain
·
Mendorong anak-anaknya untuk lebih
berfikir dewasa dan mendorong anak supaya menjadikan manuisa yang sukses di
akhir kelak nanti, dan
·
Memberikan arahan kepada anaknya untuk
tidak memikirkan hanya kehidupan di dunia semata melainkan arahan agama agar
anak tidak lupa akan perintah Tuhannya
Referensi; HTTP; // Wordpress.com (diagses 20 april 2009) tyaskartika.blogspot.com/2010/11/pengertian-ilmu-sosial-dasar-isd_14.html
Referensi; HTTP; // Wordpress.com (diagses 20 april 2009) tyaskartika.blogspot.com/2010/11/pengertian-ilmu-sosial-dasar-isd_14.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar